08 November 2021

Contoh Soal dan kunci Jawaban PKK (Produk Kreatif Kewirausahaan) Kelas Xll TKJ Untuk SMK


 Contoh Soal dan kunci Jawaban PKK (Produk Kreatif Kewirausahaan) Kelas Xll TKJ 


1. Perencanaan produk adalah proes menciptakan ide produk dan menindaklanjuti sampai produk  diperkenalkan ke pasar. Dalam merencanakan produksi masal, perusahan harus memiliki strategi. Adapun salah satu aspek utama dalam perencanaan produksi massal adalah …


a. Fasilitas produk
b. Harga barang
c. Jenis produksi yang dilakukan
d. Pegawai yang akan direkrut
e. Perkiraan keuntungan yang akan diperoleh

2. Salah satu unsur perencanaan produksi massal yaitu “perencanaan merupakan fakta obyektif”. Maksudnya adalah ....


a. Perencanaan produksi tidak hanya dilakukan atas tujuan saja, tetpi juga harus mengukur kemampuan konsumen dalam menyerap produk tersebut.
b. Sekalipun hanya mengira-ngira namun perkiraan tersebut adalah benar dan tentunya tidak menimbulkan kerugian pada perusahaan
c. Perencanaan harus menjadi langkah awal bagi perusahaan dalam menghasilkan barang yang dibutuhkan konsumen
d. Perencanaan produksi harus apa adanya dan memiliki pemikiran yang cukup rasional bukan hanya sebagai angan-angan saja
e. Perencanaan harus memiliki tujuan yang jelas dan mampu dipahami oleh menejemen perusahaan

3. Didalam perencanaan perlu diperhatikan perbandingan antara totalitas pengeluaran pada waktu tertentu di bagi totalitas masukan selama periode tertentu yang disebut dengan…


a. Kapasitas
b. Produktifitas
c. Proses
d. Produksi
e. Optimalisasi

4. Perusahaan akan membuat produk yang benar-benar mampu menyerap kebutuhan pasar dengan sumber daya yang sudah dianggarkan. Hubungan antara perencanaan suatu proses produksi dengan pengolahan sumber daya alam adalah…


a. Perencanaan yang matang akan menghemat alokasi sumber daya alam
b. Perencanaan proses produksi tidak ada hubungannya dengan alokasi sumber daya alam
c. Pengolahan sumber daya alam adalah wewenang pegawai yang tidak diatur pada aspek perencanaan produksi masal
d. Perencanaan produksi yang buruk tidak akan berpengaruh pada alokasi SDA
e. Kapasitas produksi tidak berpengaruh

5. Proses persiapan produksi terdiri dari kegiatan-kegiatan seperti perencanaan urutan-urutan proses sebagai berikut:

(1) Pemilihan peralatan
(2) Pembelian material
(3) Pengerjaan dengan perkakas
(4) Pembagian pekerjaan
(5) Penjadwalan waktu
(6) Mobilisasi personalia

Urutan kegiatan yang tepat adalah...


a. (1)-(2)-(4)-(5)-(3)-(6)
b. (5)-(1)-(3)-(6)-(2)-(4)
c. (5)-(6)-(1)-(2)-(3)-(4)
d. (2)-(1)-(4)-(5)-(6)-(3)
e. (2)-(1)-(4)-(5)-(3)-(6)

6. Kapasitas adalah hasil produksi atau volume pemrosesan (throughtput) atau jumlah unit yang dapat ditangani, diterima, disimpan atau diproduksi oleh fasilitas pada suatu periode waktu tertentu. Kapasitas produksi yang berhubungan dengan penggunaan sumber daya adalah…


a. Kapasitas design
b. Kapasitas efektif
c. Kapasitas pemanfaatan
d. Kapasitas pemasukan
e. Kapasitas pengeluaran

7. Pihak-pihak yang berperan dalam pengujian produk salah satunya adalah peran pemerintah. Peran pemerintah dalam pengujian produk, yaitu…


a. Menetapkan peraturan perundang-undangan untuk menjamin keamanan produknya
b. Menetapkan standar produk sebelum proses produksi
c. Ikut mengevaluasi perencanaan produksi sehingga sesuai standar
d. Melibatkan penguji luar negri dalam meningkatkan mutu produk dalam negri
e. Menerapkan standarisasi yang bersifat fakultatif

8. Produksi masal adalah produksi mengalir atau produksi terus menerus. Adapun menciptakan ide produk dan menindaklanjuti sampai produk diperkenalkan ke pasar di sebut dengan…


a. Perencanaan produksi
b. Penghimpunan produksi
c. Pelaporan produksi
d. Pemurnian produksi
e. Produksi massal

9. Indicator keberhasilan produksi masal merupakan bagian dari kegiatan manajemen produksi, untuk mengetahui derajat keberhasilan dalam melaksanakan strategi perencanaan produksi yang sudah disusun. Yang bukan merupakan kriteria penting sebagai indikator keberhasilan usaha yaitu....


a. Kemampuan menyesuaikan diri
b. Produktivitas
c. Kepuasan kerja
d. Kemampuan mendapatkan laba dan pencarian sumber daya
e. Keunggulan persaingan

10. Bagian kegiatan menejemen produksi yang bertujuan untuk menciptakan kegunaan bentuk (form) utility merupakan pengertian....


a. Metode peramalan dalam produksi massal
b. Perencanaan produksi massal
c. Hakikat dan konsep produksi massal
d. Indikator keberhasilan tahapan produksi massal
e. Proses produksi massal

11. Dalam perencanaan produksi terdapat 2 faktor yang mempengaruhi perencanaan produksi masal, yaitu factor internal dan factor eksternal. Yang termasuk faktor eksternal yang berpengaruh terhadap perencanaan produksi adalah....


a. Kapasitas mesin
b. Produktivitas tenaga kerja
c. Kemampuan pengadaan
d. Variasi produk
e. Kebijakan pemerintah

12. Perakitan atau lazim dinamakan assembly line adalah proses manufacturing dimana setiap bagian disusun berdasarkan urutan untuk menghasilkan produk jadi yang lebih cepat daripada metode manufacturing yang biasa. Berikut yang merupakan manfaat yang diperoleh perusahaan untuk perakitan yang baik, kecuali....


a. Mengurangi biaya produksi
b. Mengurangi jumlah komponen
c. Menambah waktu perakitan
d. Meningkatkan keandalan produk
e. Mengurangi lead time

13. Lihatlah penjelasan berikut :
1) Metode matematis
2) Metode probabilistic
3) Metode heuristic
4) Metode helgesson-Birnie
5) Metode region-approach

Berdasarkan keterangan diatas, yang bukan termasuk dalam metode heuristic adalah …


a. 1, 2 dan 3
b. 3 dan 5
c. 1 dan 5
d. 1 dan 3
e. 4 dan 5

14. Berikut merupakan indikator keberhasilan usaha menurut Suryana, kecuali.....


a. Modal
b. Pendapatan
c. Perbaikan sarana fisik
d. Output produksi
e. Volume penjualan

15. Suatu cara atau metode untuk menambah kegunaan suatu barang dan jasa menggunakan faktor produksi yang ada agar lebih bermanfaat dalam memenuhi kebutuhan merupakan definisi dari....


a. Perencanaan produksi
b. Indikator keberhasilan produksi massal
c. Proses produksi
d. Evaluasi produk
e. Perbaikan sarana fisik

16. Pengembangan lini produksi dapat meningkatkan keuntungan dalam aspek produktifitas, pemasaran dan kualitas. Keuntungan lini produksi bagi CEO adalah…


a. Waktu pemasaran lebih banyak
b. Peningkataan aspek kemudahan produksi
c. Efisiensi penggunaan tenaga kerja
d. Kepuasan kerja tinggi
e. Mudah dalam mengotak atik data

17. Sifat dari metode pengujian Paired Comparison designs yaitu…


a. Mencoba dua jenis produk dan menilainya secara berurutan
b. Mencoba produk dan menilainya
c. Membandingkan produk dengan produk lain
d. Menguji perubahan produk dan untuk pengujian yang kompetitif
e. Penilaian produk pertama lebih teliti dari produk kedua

18. Dalam pemilihan metode perakitan yang tepat ada 3 metode pokok yang biasa digunakan, yaitu....


a. Assembling, final inspection, shipping
b. Assembly, special purpose machine assembly, programmable machine assembly
c. General sub assembling, final inspection, shipping
d. Dipping proses, assembling, final inspection
e. General sub assembling, programmable machine assembly, shipping

19. Metode perakitan yang semua komponennya dibuat secara massal dan menurut standar tertentu adalah…


a. Perakitan dengan pemilihan
b. Perakitan secara individual
c. Perakitan yang dapat ditukar-tukar
d. Perakitan cascade
e. Perakitan knock down

20. Proses menyatukan dua komponen atau lebih menjadi bentuk akhir produk dinamakan....


a. Merakit
b. Menyambung
c. Menyusun
d. Meramu
e. Mendesain

21. Perakitan yang sebagian besar proses dikerjakan secara konvensional atau menggunakan tenaga manusia dengan peralatan yang sederhana tanpa alat-alat bantu yang spesifik atau khusus merupakan jenis perakitan....


a. Perakitan otomatis
b. Perakitan manual
c. Perakitan tunggal
d. Perakitan produk seri
e. Perakitan massal

22. Segala proses yang dilakukan oleh seorang peneliti baik melalui pengukuran kinerja, keamanan, kualitas, dan kesesuaian produk terhadap standar yang ditetapkan merupakan pengertian dari....


a. Perencanaan produk massal
b. Perakitan produk massal
c. Desain produk massal
d. Pemasaran produk massal
e. Pengujian produk

23. Standar ISO menyangkut aspek termonologi, keserasian atau kompatibilitas dan keselamatan mempercepat pemencaran inovasi dan pengembangannya dalam produk yang dapat dimanufaktur dan terpasarkan. Pernyataan berikut merupakan manfaat ISO bagi…


a. Pengusaha
b. Konsumen
c. Pemerintah
d. Penemu
e. Pejabat bidang perdagangan

24. Evaluasi yang diarahkan untuk melihat hasil program yang akan dicapai sebagai dasar untuk menentukan keputusan akhir, diperbaiki, dimodifikasi, ditingkatkan atau dihentikan adalah pengertian dari....


a. Standarisasi produk
b. Evaluasi produk
c. Pengujian produk
d. Pengendalian produk
e. Evaluasi

25. Aspek keamanan produk sendiri tidak hanya melibatkan kepentingn konsumen tapi juga adanya peran pemerintah dalam pengujian produk, yaitu....


a. Menetapkan peraturan perundang-undangan
b. Menetapkan harga produk sebelum proses produksi
c. Ikut mengevaluasi perencanaan produk sehingga sesuai standar
d. Melibakan penguji luar negeri dalam meningkatkan mutu produk dalam negeri
e. Menerapkan standarisasi yang bersifat fakultatif

26. Kewenangan BSN sebagai lembaga penentu standarisasi produk nasional adalah....


a. Pengkajian dan penyusunan kebijakan nasional
b. Pengembangan dan pengelolaan sistem penilaian
c. Penetapan SNI
d. Penyelenggaraan kegiatan kerja sama dalam dan luar negeri
e. Sebagai koordinasi kegiatan fungsional dan pelaksanaan tugas BSN

27. Strategi pengujian harus menggabungkan perencaan pengujian, design test case, dan kumpulan data resultan serta evaluasi. Yang dapat memberikan hasil pengujian yang menyeluruh adalah…


a. Non-incremental testing
b. Incremental testing
c. Process debugging
d. Machine time
e. Black box testing

28. Penelitian sebuah produk sangatlah penting karena apabila terjadi kesalahan pada produk yang dibuat. Sehingga penelitian proses produksi bertujuan untuk…


a. Memperbaiki terhadap proses produksi yang sedang berjalan
b. Perbaikan produk yang sudah ada
c. Mencari gagasan dalam pengembangan produk
d. Menguji proses produksi
e. Melihat tingkat kelayakan finansial produk

29. Skala produksi adalah batasan atau ukuran dalam memproduksi barang/seberapa banyak barang yang akan diprodiksi. Berikut ini merupakan kegiatan menetapkan skala produksi, kecuali…


a. Penetapan waktu
b. Penetapan kualitas produk
c. Menghitung keperluan biaya
d. Penetapan peralatan
e. Penetapan persediaan bahan baku

30. Perencanaan produk adalah proses menciptakan ide produk dan menindaklanjuti sampai produk diperkenalkan ke pasar. Berikut yang merupakan fungsi dari perencanaan produksi yaitu…


a. Menjamin rencana pengujian produk
b. Alat untuk memonitor hasil produksi
c. Mengukur kapasitas tenaga kerja
d. Meminimalkan produktifitas
e. Meminimalkan inventasris pabrik

31. Karakteristik Wirausaha Untuk Menuju Sukses adalah....


a. orang yang menjalankan usaha atau perusahaan dengan kemungkinan untung atau rugi
b. Kreatif dan inovatif
c. tindakan (act) dari kebiasaan atas kebenaran yang ia pegang teguh.
d. Sikap selalu berpikir positif dalam menghadapi segala hal
e. Perilaku dan sifat tidak bisa dipisahkan untuk menjadikan lebih sempurna karena kedua-
duanya memilliki karakteristik yang berbeda.

32. Faktor-Faktor Pendukung Keberhasilan Wirausaha, di antaranya....


a. Faktor manusia,Faktor keuangan,Faktor organisasi
b. Bersedia untuk mengambil risiko uang dan waktu
c. Mandiri serta realistis
d. Kreatif dan inovatif.
e. Sikap tidak gentar saat melihat pesaing (competitor).

 

33. Langkah-Langkah untuk Menjadi Wirausahawan yang Sukses....


a. Tidak kompeten dalam manajerial
b. Kurang berpengalaman baik dalam kemampuan teknik
c. Ada visi dan tujuan yang jelas,Bersedia untuk mengambil risiko uang dan waktu,Terencana dan terorganisir
d. Ketidakmampuan dalam melakukan peralihan/transisi kewiraushaan
e. Kurangnya pengawasan peralatan

 

34. Definisi wirausaha adalah...


a. Sikap selalu berpikir positif dalam menghadapi segala hal
b. orang yang menjalankan usaha atau perusahaan dengan kemungkinan untung atau rugi
c. Sikap yang selalu ingin tahu, membuat ia selalu mencari jalan keluar bila ingin maju
d. Hal utama dalam memulai usaha atau menjadi seorang wirausahawan yang sukses
e. Sikap tidak gentar saat melihat pesaing

35. Definisi Kewirausahaan adalah...


a. Sikap yang selalu ingin tahu, membuat ia selalu mencari jalan keluar bila ingin maju
b. Hal utama dalam memulai usaha atau menjadi seorang wirausahawan yang sukses
c. Semangat, sikap, perilaku dan kemampuan seseorang dalam menangani usaha atau kegiatan
yang mengarah pada upaya mencari

d. Kurangnya pengawasan peralatan. Pengawasan erat kaitannya dengan efisiensi dan efektivitas
e. Sikap tidak gentar saat melihat pesaing

 

 

Soal Esay

1.    Apa yang di maksud dengan proses produksi ?

2.    Apa yang dimaksud dengan Promosi usaha ?

3.    Sebutkan batasan untuk membuat iklan ?

4.    Dalam lingkungan pemasaran ada 2 macam mikro dan makro , jelaskan  masing masing?

Buatlah sebuah iklan dari empat contoh iklan yang anda ketahui ?