Question 1
Question text
Pertanyaan yang bertujuan untuk memunculkan minat dan keingintahuan peserta didik sehingga perhatian peserta didik terfokus sebaiknya dilakukan pada saat ….
penutup
kegiatan inti
pendahuluan
refleksi
Feedback
Question 2
Question text
Merancang pertanyaan-pertanyaan dalam proses pembelajaran yang bertujuan memotivasi siswa untuk tetap menaruh perhatian pada pelajaran, dan mengontrol siswa tetap fokus pada pelajaran, sebaiknya dibuat/disusun dalam Rencana Program Pembelajaran pada bagian ….
Kegiatan Inti
Kegiatan pendahuluan
Tujuan Pembelajaran
Kegiatan Evaluasi
Feedback
Question 3
Question text
Perhatikan contoh kegiatan berikut ini: 1) menyampaikan tujuan yang ingin dicapai pada kegiatan pembelajaran, 2) mempersiapan hal-hal apa yang harus dilakukan baik oleh guru maupun siswa pada pembelajaran, dan 3) menyampaikan topik atau materi apa saja yang akan dibahas pada pembelajaran yang akan dilakukan. Contoh ke tiga hal tersebut, dalam kegiatan komunikasi termasuk kegiatan dalam upaya untuk menyamakan … dalam komunikasi.
Persepsi
Prasangka
Tujuan
Pespekstif
Feedback
Question 4
Question text
Hal yang tidak termasuk ke dalam jenis komunikasi non verbal adalah …
Gerakan tubuh
Intonasi suara
Ekepresi wajah
Bahasa yang digunakan
Feedback
Question 5
Question text
Berdasarkan kuantitas orang yang terlibat dalam proses komunikasi, komunikasi di golongkan menjadi beberapa jenis, yaitu …
Komunikasi kelompok, komunikasi persuasif, komunikasi koersif
Komunikasi massa, komunikasi publik, komunikasi media
Komunikasi intrapersonal, komunikasi internasional, komunikasi kelompok
Komunikasi interpersonal, komunikasi kelompok, komunikasi massa
Feedback
Question 6
Question text
Secara sederhana komunikasi dikatakan efektif apabila pesan yang disampaikan oleh pengirim sama maknanya dengan pesan yang ditangkap dan dipahami oleh penerima. Diagram yang menunjukkan komunikasi efektif adalah....
Action ----perception -----> interpretation --------> understanding
Perception -----> interpretation --------> understanding -------> action
Action --------> understanding Perception -----> interpretation
Perception -----> interpretation --------> action -------> understanding
Feedback
Question 7
Question text
Salah satu faktor penunjang keberhasilan komunikasi yang efektif adalah faktor etos (nilai-nilai) pada diri komunikator. Secara teoretis, hal-hal apa sajakah yang dapat membangun etos guru sebagai komunikator dalam pembelajaran?
Daya tarik dan kecerdasan
Kepercayaan dan daya tarik
Emosi dan intelektual
Kepercayaan dan latar belakang budaya