SOAL
PAS PEMROGRAMAN DASAR
1. Suatu
sususan atau urutan langkah-langkah dalam menyelesaikan sebuah persoalan secara
sistematis dan logis disebut…
a. |
Taktik |
b. |
Strategi |
c. |
Algoritme |
d. |
Pemrograman |
e. |
Notasi
computing |
2. Model
penulisan dan perancangan algoritme menggunakan symbol bangun ruang dalam
mempresentsikan proses program disebut…
a. |
Natural
language |
b. |
Bahasa
narasi |
c. |
Bahasa
alami |
d. |
Pseudocode |
e. |
Flowchart |
3. Symbol
bangun ruang bebebntuk persegi panjang pada flowchart berfungsi untuk…
a. |
Menggambarkan
proses secara komputerisasi |
b. |
Tanda
penghubung dalam satu halaman |
c. |
Tanpa
penghubung dalam lain halaman |
d. |
Memasukan
data secara manual |
e. |
Proses
manual |
4. Suatu
metode yang menekankan penullisan logika penyelesaian masalah menggunakan bahasa
yang disamarkan dari bahasa pemrograman disebut metode penulisan…
a. |
Flowchart |
b. |
Pseudocode |
c. |
Bahasa
alami |
d. |
Bahasa
inggris |
e. |
Bagan
alir dokumen |
5
6. Deretan
perintah yang digunakan memerintah mesin computer melakukan sesuatu disebut….
a. |
Bahasa
pemrograman |
b. |
Notasi
pseudocode |
c. |
Pemrograman |
d. |
Program
|
e. |
Aplikasi |
7. Bagan
berguna untuk melakukan analisis system dengan menggambarkan proses dalam suatu
prosedur program disebut bagan alir….
a. |
Dokumen |
b. |
Skematik |
c. |
Program |
d. |
System |
e. |
Proses |
8. Jenis
data yang tidak memiliki nilai pecahan adalah…
a. |
Bilangan
logika |
b. |
Bilangan
bulat |
c. |
Bilangan
real |
d. |
Karakter |
e. |
String |
9. Fungsi
dari symbol dalam
pembuatan flowchart adalah….
a. |
Menandakan
start (awal) atau end (akhir) program |
b. |
Menujukan
arah aliran proses pada program |
c. |
Menadakan
proses input/ output data secara manual |
d. |
Menunjukan
proses yang dilakukan mesin computer |
e. |
Proses
deklarasi atau pemberian nilai-nilai awal pada variable yang digambar |
10. Nama lain dari flowchart….
a. |
Algoritma |
b. |
Alur |
c. |
Bagan
alir |
d. |
Tree |
e. |
Diagram
|
11. Dalam
menyusun suatu program, langkah pertama yang harus dilakukan adalah….
a. |
Membuat
program |
b. |
Membuat
algoritma |
c. |
Membeli
computer |
d. |
proses |
e. |
Mempelajari
program |
12. Pseudocode
yang digunakan pada penulisan algoritma berupa…
a. |
Bahasa
inggris |
b. |
Program |
c. |
Algoritma |
d. |
Step |
e. |
Diagram |
13. Struktur
pertama dalam pascal adalah
a. |
Char |
b. |
string |
c. |
End |
d. |
Writeln |
e. |
Uses
crt |
14. Perintah
dasar sederhana dalam program pascal adalah…
a. |
Readln |
b. |
End
|
c. |
Write |
d. |
Writeln |
e. |
Uses
crt |
15. Tipe
data bahasa pascal untuk TRUE FALSE adalah…
a. |
String |
b. |
Char |
c. |
Boolean |
d. |
Byte
|
e. |
Real
|
16. Siapakah
penemu program pascal..
a. |
Greyson
change |
b. |
Prof
niklaus wirth |
c. |
Kondrazuse |
d. |
Prof
niklaus smirth |
e. |
Dr
harcules |
17. Tipe
data pascal untuk karakter adalah
a. |
Char |
b. |
Boolean
|
c. |
Integer |
d. |
Real |
e. |
Byte |
18. Tahapan
dalam menyelesaikan suatu masalah adalah…
a. |
Masalah-Pseudocode-flowchart-program-
eksekusi-hasil |
b. |
Masalah
– algoritma – flowchart – program – eksekusi – hasil |
c. |
Masalah
– model – algoritme – program – eksekusi – hasil |
d. |
Masalah
– model – algoritma – program – eksekusi – hasil |
e. |
Algoritma
– program- model – eksekusi- hasil |
19. Table
berikut merupakan table kebenaran gerbang logika
a. |
NOT |
d. |
AND |
b. |
NOR |
e.
|
OR |
c. |
NAND |
|
|
20. Tabel
berikut merupakan table kebenaran gerbang logika
a. |
NOT |
d. |
AND |
b. |
NOR |
e.
|
OR |
c. |
NAND |
|
|
21. Struktur pertama dalam pascal adalah ...
a.
Readln
b.
End
c.
Write
d.
Wtiteln
e.
Uses crt;
22. Tipe data bahasa pascal untuk TRUE FALSE adalah...
a.
String
b.
Char
c.
Boolean
d.
Byte
e.
Real
23. Kapan terbentuknya pascal...
a.
1981
b.
1971
c.
1961
d.
1991
e.
1987
24. Apa kepanjangan ari USES…
a.
Unit secure
b.
Unit syntax
c.
Unit sytem
d.
Up software
e.
Unit smiconductor
25. Berikut ini adalah penulisan identifier yang benar dalam
pemogramn pascal adalah...
a.
9program_satu
b.
Program_1
c.
Program satu
d.
Begin
e.
Array
26. Tipe bilangan bulat dalam bahasa pascal dikenal sebagai
...
a.
Byte
b.
Integer
c.
Char
d.
String
e.
Boolean
27. Istilah” perulangan “ dalam pemograman pascal dikenal
dengan ...
a.
Repeating
b.
Again
c.
Funtion
d.
Replay
e.
Looping
28. Perintah untuk menutup program dalam pascal adalah...
a.
End.
b.
Program
c.
Uses crt;
d.
Finish
e.
End;
29. Menggambarkan program secara logika merupakan fungsi
dari...
a.
Flowchart
b.
Dxdiag
c.
Begin
d.
SI
e.
Sistem oprasi
30. Deklarasi yang digunakan untuk mengidentifikasikan data
yang nilainya sudah ditentukan dan pasti,tidak dapat dirubah dalam program
disebut deklarasi...
a.
Deklarasi label
b.
Deklarasi konstanta
c.
Deklarasi tipe
d.
Deklarasi variabel
e.
Deklarasi prosedur
31. Di bawah ini termasuk dalam deklarasi dalam pascal
,kecuali...
a.
Deklarasi perubah
b.
Deklarasi proses
c.
Deklarasi konstanta
d.
Deklarasi tipe
e.
Deklarasi prosedut
32. Bilangan yang mengadung pecahan ,paling sedikit harus ada
satu digit sebelum dan sesudah titik desimal termasuk dalm tipe data...
a.
Real
b.
Boolean
c.
Integer
d.
Longint
e.
Byte
33. Prosedur yang digunakan untuk membersihkan layar saat
program dijalankan adalah...
a.
Writeln
b.
Readln
c.
Begin
d.
Write
e.
Clrscr
34. Bentuk dari suatu statment IF berada di dalam lingkungan
statmean IF yang lainya,disebut IF dalam kondisi ...
a.
IF bersarang
b.
IF bercabang
c.
IF tunggal
d.
IF-THEN
e.
IF do while-Until
35. Tipe data terstruktur yang terdiri dari sejumlah komponen
,komponen yang mempunyai tipe sama,disebut tipe data...
a.
Array
b.
Byte
c.
Longint
d.
Integer
e.
Boolean
36. Perintah untuk menampilkan atau cetak dilayar monitor
tanpa pindah baris ,disebut...
a.
Writeln
b.
Write
c.
Readln
d.
Read
e.
Begin
37. Suatu indentifier non standar yang nilainya tidak tetap
atau nilainya merupakan hasil dari suatu proses,disebut…
a.
Variabel
b.
Ripe data
c.
prosedur
d.
deklarasi
e.
Array
38. Suatu program terpisah dalam blok sendiri yang berfungsi
sebagai subprogram ( program bagian) ,disebut...
a.
Variabel
b.
Tipe data
c.
Prosedur
d.
Deklarasi
e.
Array
39. Berikut ini yang termasuk operator aritmatika yaitu …
a.
*
b.
/
c.
%
d.
+
e.
Semua benar
40. Array terdiri dari berbagai tipe kecuali …
a.
Array Multi-Dimensi
b.
Array Dimensi Satu
c.
Array Dimensi Tiga
d.
Array Dimensi Dua
e.
Semua jawaban benar
41. Nama variabel berikut ini yang benar adalah …
a.
NamaGuru
b.
Alamat Guru
c.
alm gr
d.
sts/status
e.
tpt.tgl
42. Tipe data yang cocok untuk menyimpan data nama siswa
adalah …
a.
Numeric
b.
Character
c.
Date/Time
d.
Array
e.
Integer
43. Pemberian nama variabel yang benar adalah …
a.
. %nilai
b.
nilai_mahasiswa
c.
nama mahasiswa
d.
&panjang
e.
alamat
44. Beberapa pengertian dan fungsi Array yang benar terdapat
pada...
a.
Hanya dapat
menampung nilaai angka
b.
Dapat menampung
nilai character
c.
Dapat menampung
nilai angka dan character
d.
Untuk mengulang
nama siswa dalam kelas kecil
e.
Mempermudah penyimpanan character yang lebih dari satu
45. Flowchart juga disebut dengan…
a.
Proses
b.
Ekspres
c.
Symbol
d.
Linear
e.
Variable
46. ymbol untuk permulaan (start) atau akhir (stop) adalah
Symbol ……
a.
Terminator
b.
Display
c.
Flow Direction
d.
Processing
e.
Input-output
47. Symbol yang menunjukkan pengolahan data yang dilakukan
oleh komputer adalah Symbol ...
a.
Terminator
b.
Display
c.
Processing
d.
Flow Direction
e.
Input-output
48. Symbol input-output yang menyatakan proses input-output
adalah Symbol …
a.
Pilihan
b.
Pengulangan
c.
Urutan
d.
Pemulihan
e.
Pemograman
49. Jika akan menggunakan bahasa pemrograman yang berasal
dari proses penjumlahan maka operator yang digunakan adalah ...
a.
Aritmatika
b.
Logika
c.
Relasional
d.
@
e.
class
50. Merupakan jenis data yang dapat diolah oleh komputer
untuk memenuhi kebutuhan dalam pemrograman komputer adalah pengertian dari ....
a.
Tipe data
b.
Konstanta
c.
Operator
d.
Variabel
e.
String