31 August 2019

Cara Membuat Rumus VLOOKUP di Ms Excel Dasar

Pada tutorial kali ini Golet Ilmu akan berbagi pengetahuan tentang cara membuat rumus atau menggunakan rumus VLOOKUP dasar pada Ms. Excel.

Sebelumnya apasih fungsi VLOOKUP tersebut ?
adalah salah satu fungsi atau rumus excel dasar yang sering dibutuhkan. Rumus Excel Vlookup yang termasuk dalam kategori lookup & reference ini akan sering anda butuhkan saat mengerjakan tugas-tugas keseharian terkait dengan microsoft excel.
Bagaimana cara menggunakan rumus VLOOKUP tersebut ? Berikut tutorilanhya 
  • Siapkan Tabel Seperti berikut ini

  • Buatlah rumus seperti berikut ini di kolom J baris kelima  =VLOOKUP(I5;B5:D8;2;FALSE)
Keterangan :
  1.  I5 adalah sebagai kunci yaitu golongan ketika mengganti golongan maka otomatis akan berubah Gajinya.
  2. B5:D8 merupakan seluruh fungsi dari golongan Gaji dan Bonus 
  3. 2 merupakan kata kunci dari gaji yang akan di tampilkan di tabel yang sebelah kanan
  •  Setelah membuat rumus =VLOOKUP(I5;B5:D8;2;FALSE) lalu Enter maka hasilnya bisa dilihat pada tabel berikut ini

  • kemudian untuk mengisi bonus agar seperti rumah itu otomatis kita tinggal saja rumus ini =VLOOKUP(I5;B5:D8;2;FALSE)
 
  •  2 nya jadi 3  seperti ini =VLOOKUP(I5;B5:D8;3;FALSE) lalu Enter maka akan seperti gambar tabel di bawah ini 

begitulah turorial mudah yang dapat golet ilmu bagikan semoga bermanfaat , sampai jumpa di tutorial selanjutnya .