Pada tutorial kali ini Golet Ilmu akan berbagi pengetahuan tentang cara membuat rumus atau menggunakan rumus VLOOKUP dasar pada Ms. Excel.
Sebelumnya apasih fungsi VLOOKUP tersebut ?
Sebelumnya apasih fungsi VLOOKUP tersebut ?
adalah salah satu fungsi atau rumus excel dasar yang sering dibutuhkan. Rumus Excel Vlookup yang termasuk dalam kategori lookup & reference ini akan sering anda butuhkan saat mengerjakan tugas-tugas keseharian terkait dengan microsoft excel.
Bagaimana cara menggunakan rumus VLOOKUP tersebut ? Berikut tutorilanhya
- Siapkan Tabel Seperti berikut ini
- Buatlah rumus seperti berikut ini di kolom J baris kelima =VLOOKUP(I5;B5:D8;2;FALSE)
- I5 adalah sebagai kunci yaitu golongan ketika mengganti golongan maka otomatis akan berubah Gajinya.
- B5:D8 merupakan seluruh fungsi dari golongan Gaji dan Bonus
- 2 merupakan kata kunci dari gaji yang akan di tampilkan di tabel yang sebelah kanan
- Setelah membuat rumus =VLOOKUP(I5;B5:D8;2;FALSE) lalu Enter maka hasilnya bisa dilihat pada tabel berikut ini
- kemudian untuk mengisi bonus agar seperti rumah itu otomatis kita tinggal saja rumus ini =VLOOKUP(I5;B5:D8;2;FALSE)
- 2 nya jadi 3 seperti ini =VLOOKUP(I5;B5:D8;3;FALSE) lalu Enter maka akan seperti gambar tabel di bawah ini
begitulah turorial mudah yang dapat golet ilmu bagikan semoga bermanfaat , sampai jumpa di tutorial selanjutnya .