03 October 2018

Penyimpanan Komputer


Setiap dokumen atau data harus disimpan pada media penyimpanan, seperti hard drive, disket, CD, dan flash disk.

1. Hard driveHard drive adalah media penyimpanan permanen. Kapasitas penyimpanannya sangat besar. Sehingga perangkat lunak sistem operasi disimpan pada media penyimpanan ini. Hard drive di dalam casing komputer menjadi bagian dari sistem unit komputer. Seiring dengan perkembangan teknologi kapasitas hard drive, semakin besar mulai dari 40 GB ke atas.

2. CD (Compact Disk)Compact disk adalah media penyimpanan yang lebih canggih, selain berkapasitas besar sekitar 650MB juga mudah dibawa kemana-mana. Media ini adalah disk kecil yang tipis dan memiliki lubang di tengah. Perhatikan angka 3.8. Untuk menyimpan data pada CD, diperlukan perangkat keras khusus, yaitu CD RW, dan perangkat lunak khusus seperti Nero.

3. FlashdiskFlashdisk adalah media penyimpanan dengan kapasitas yang cukup besar yang praktis dibawa kemana-mana dan mudah digunakan, sehingga alat ini banyak digunakan. Flash disk biasanya dilengkapi dengan port USB atau alat untuk memasukkan flash disk ke komputer. Dengan alat ini, Anda dapat dengan mudah mentransfer data dari satu komputer ke komputer lain.