28 September 2018

Perangkat Keras atau Hardware

Perangkat Keras Komputer (Hardware) adalah komponen fisik pada komputer yang digunakan oleh sistem untuk menjalankan program yang telah diprogram atau dalam arti singkat komponen pada komputer yang dapat disentuh, dilihat dan disentuh. Jenis Perangkat Keras di Komputer (Perangkat Keras): 
1. CPU (Central Processing Unit) CPU adalah pusat kendali dan pemrosesan pada komputer yang mengelola semua instruksi program dan semua aktivitas yang dilakukan pada komputer, sehingga CPU ini biasa disebut sebagai otak komputer.

2. Motherboard (Mainboard) Mainboard adalah papan sirkuit utama yang berguna sebagai tempat untuk berbagai jenis komponen elektronik yang saling berhubungan yang memiliki bios, port, slot dan jalur konektor sebagai konektor dari setiap perangkat.


3. MonitorMonitor adalah perangkat output yang digunakan untuk mengeluarkan hasil pemrosesan yang dilakukan oleh komputer dalam bentuk informasi yang dibutuhkan oleh orang yang menggunakan komputer.


4. KeyboardKeyboard adalah perangkat input yang digunakan untuk memasukkan data dalam bentuk huruf, angka dan simbol tertentu dan melakukan perintah untuk menyimpan file dan membuka file. Keyboard juga disebut keyboard di komputer.


5. MouseA mouse adalah perangkat input yang berguna sebagai pointer ke posisi kursor / pointer pada layar monitor.


6. RAM (Random Access Memory) Ram (Random Access Memory) adalah tempat di mana kami menemukan instruksi untuk dikerjakan dan sebagai media penyimpanan sementara.


7. Hard driveHard drive adalah perangkat keras yang terbuat dari bahan kaku yang dilapisi dengan disk oksida magnetik yang memiliki kapasitas penyimpanan yang sangat besar.


8. ProcessorProcessor adalah perangkat keras yang berguna untuk membaca, memahami dan menjalankan perintah dari implementasi program.


9. Power SupplyPower Supply adalah perangkat keras komputer yang digunakan untuk menyediakan daya dan energi arus listrik ke komputer.


10. Kartu LAN (Jaringan Area Lokal) LAN (Jaringan Area Lokal) adalah jembatan antara komputer server dan komputer klien dalam jaringan LAN.


11. Kartu AGP (Port Grafik yang Dipercepat) Kartu AGP (Port Grafik yang Dipercepat) adalah perangkat perangkat keras yang berfungsi untuk memaksimalkan layar resolusi gambar pada komputer.


12. Kartu VGA (Video Graphics Accelerator) Kartu VGA (Video Graphics Accelerator) Adalah perangkat perangkat keras yang berfungsi untuk mengubah sinyal digital menjadi sinyal gambar.


13. FDD (Floppy Disk Drive) FDD (Floopy Disk Drive) adalah perangkat perangkat keras yang digunakan untuk memutar disk dan menggerakkan kepala membaca dan menulis yang kemudian diterjemahkan ke dalam disket.


14. JoystickJoystick adalah alat input yang digunakan untuk memasukkan perintah untuk memindahkan game di komputer.


15. Printer Printer adalah perangkat output yang digunakan untuk mencetak data seperti gambar / foto, tulisan di media kertas.


16. CD ROM / DVD ROMCD ROM / DVD ROM adalah perangkat yang berfungsi untuk membaca data atau program dari media penyimpanan data CD atau DVD.


17. ScannerScanner adalah perangkat input yang memiliki fungsi yang hampir mirip dengan mesin fotokopi. Dengan proses menggunakannya untuk menyalin objek data dan kemudian ditransfer ke memori komputer, hasilnya dapat dilihat pada layar monitor.


18. ModemModems adalah perangkat perangkat keras yang digunakan untuk menghubungkan komputer ke jaringan internet.


19. FlashdiskFlashdisk adalah perangkat yang digunakan untuk menyimpan data dengan ukuran kapasitas internet. Ada 2GB, 4GB, 8GB, 16GB, hingga 32GB kapasitas penyimpanan.


20. SpeakerSpeaker adalah output perangkat keras (Output) yang berfungsi untuk hasil pemrosesan output dalam bentuk suara dari komputer.


21. TrackballTrackball adalah perangkat perangkat keras yang digunakan sebagai perangkat pengarah dalam bentuk bola yang memiliki sensor untuk mendeteksi pergerakan.


22. LightpenLightpen adalah penunjuk elektronik yang digunakan untuk memodifikasi dan mendesain gambar dengan layar.


23. Barcode ReaderBarcode Reader adalah perangkat yang digunakan untuk membaca barcode data.


24. DigitizerDigitizer adalah perangkat input yang berfungsi untuk mengubah perangkat atau data analog menjadi data digital.


25. CD (Compact Disk) CD (Compact Disk) adalah perangkat yang digunakan sebagai penyimpanan dan pembacaan data menggunakan sistem optik yang terbuat dari plastik.


26. TouchpadTouchpad adalah alat penunjuk yang menampilkan sensor pada permukaan khusus yang dapat menerjemahkan gerakan dan jari pengguna (pengguna) ke posisi yang diinginkan pada layar monitor. Touchpad ini hanya dapat ditemukan di laptop dan notebook dan cara kerjanya hampir sama dengan mouse.


27. WebCamWebCam adalah istilah untuk kamera waktu nyata yang gambarnya dapat diakses atau dilihat melalui WWW (World Wide Web), program pengiriman pesan instan atau aplikasi panggilan video yang